e-KTP Pemilih Pemua Jadi Perhatian DPRD Lamsel

Redaksi

 


 

 

Perhatian terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lampung Selatan mendekati Pemilu semakin diperhatikan.

 

DPRD Lampung Selatan dalam setiap pembahasan di legislatif kerap mengingatkan agar Disdukcapil betul-betul mengakomodir hak pemilih pemula untuk mendatapkan e-KTP.

 

Itu disampaikan Komisi I DPRD Lampung Selatan. Alat kelengkapan dewan yang membidangi pemerintahan ini mengingatkan agar Disdukcapil Lamsel memprioritaskan perekaman e-KTP terhadap pemilih pemula agar suara mereka terakomodir dalam Pemilu mendatang.

 

“Kami minta Disdukcapil memprioritaskan bagi pemilih pemula dalam melengkapi dokumen kependudukan berupa e-KTP supaya mereka (pemilih pemula) tidak kehilangan hak pilihnya,” ujar Ketua Komisi I DPRD Lamsel Dwi Riyanto, di Kecamatan Merbau Mataram belum lama ini.

 

Legislator dari Fraksi Gerindra itu menganggap kalau pengawasan yang dilakoni Komisi I DPRD Lamsel merupakan bagian dari kawal hak pilih. Sehingga, siapapun yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih dapat terakomodir seluruhnya.

 

“ Jangan sampai ada yang kehilangan hak pilihnya, maka sarana dan prasarananya harus disediakan oleh pemerintah. Jangan sampai dinomorduakan tetapi jadikan mereka sebagai prioritas,” ujar Ketua alat kelengkapan dewan yang membidangi urusan kependudukan ini.

 

Legislator yang juga tergabung dalam Komisi I DPRD Lamsel tak ingin lagi mendengar keluhan masyarakat yang kesulitan saat hendak melakukan perekaman.

Wakil rakyat kabupaten ini ingin Disdukcapil menertibkan berbagai kendala yang banyak ditemui di masyarakat seperti salah NIK hingga surat pindah domisili.

 

“Perlu ada pembenahan pelayanan. Jangan sampai masyarakat merasa dipersulit saat hendak mengurus pencatatan sipil sebab tak sedikit warga yang terkendala akibat hal tersebut,” kata M. Akyas Anggota Komisi I DPRD Lamsel.

 

Komentar serupa dilontarkan Legislator PAN Halim Nasai, dia bilang kalau sarana dan prasarana tak boleh lagi terkendala. Hal-hal teknis sebisa mungkin sudah diantisipasi oleh Disdukcapil.

 

“ Kami juga merespon baik Disdukcapil yang sering jemput bola di desa-desa melakukan perekaman. Tetapi hal seperti itu mestilah lebih sering dilakukan terutama menjelang Pemilu yang kian dekat, maka sarana dan prasarananya harus siap,” pungkasnya.

 

Menanggapi itu, Kepala Disdukcapil Lamsel Edi Firnandi merespon bahwa dalam waktu dekat pihaknya bakal turun ke sekolah-sekolah guna mengakomodir potensi pemilih pemula.

 

“ Kami juga akan segera turun ke sekolah-sekolah supaya pemilij pemula tak perlu bingung mengurus e-KTP. Sebetulnya hal tersebut sudah sejak lama kami laksanakan tetapi akan lebih dimaksimalkan kembali,” sebut dia.

 

Untuk masalah kendala computer dan lain sebagainya, Edi bilang kalau pihaknya akan berupaya maksimal memperbaiki dan meminimalisir kendala di lapangan. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat tak terhambat.

 

“ Kami lakukan yang terbaik, untuk masyarakat Merbau Mataram misalnya dapat melakukan perekaman di Kecamatan Tanjung Bintang yang merupakan kecamatan terdekat,” pungkasnya. (red)

 

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !