Lamsel Berbenah Menuju Predikat KLA Utama

Redaksi

 


KALIANDA - Predikat Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) kategori Utama tahun 2024 menjadi patokan target Pemkab Lampung Selatan. Berbagai rekomendasi dari pemerintah pusat untuk menuju hal itu mulai diterapkan di Bumi Khagom Mufakat ini.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Lamsel, Joniyansyah menegaskan, untuk menuju predikat KLA 2024 banyak pekerjaan yang harus dipenuhi daerah. Dalam hal ini, Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto mendukung penuh agar Lamsel bisa naik peringkat KLA pada tahun depan.

 

“Pak Bupati sangat suport dan antusias supaya target kita ini bisa tercapai. Maka rekomendasi dari pusat terus kita penuhi dan kita perbaiki supaya mencapai target tersebut,” ungkap Joni via telepon, Rabu (4/10/2023).

 

Dia menerangkan, berbagai langkah kongkret telah dilakukan ditahun ini. Diantaranya, pemkab tengah menggodok perda perlindungan perempuan yang saat ini tengah dalam naskah akademisi.

 

“Semoga perda ini segera terbit dan diterapkan. Sebelumnya juga sudah ada perda perlindungan anak yang telah disahkan. Ini menunjukan bahwa kita serius untuk meraih predikat Utama KLA 2024,” terangnya.

 

Selain itu, standarisasi LPRA juga terus dioptimalkan oleh seluruh jajaran. “Kita sekarang baru memiliki satu LPRA. Tahun ini juga kita target bertambah jadi 5. Ada LPRA BNN, SMPN 1 Kalianda, Puspaga dan Perpus. Semoga terwujud,” imbuhnya.

 

Masih kata Joni, keterbatasan SDM tenaga medis ataupun non medis juga menjadi kendala untuk mewujudkan hal itu. Namun, tahun ini pihaknya bakal membekali pelatihan seluruh petugas oleh Kementerian yang diagendakan pada Bulan Oktober 2023 ini.

 

“Tahun ini juga kita bakal menambah fasilitas gedung UPT PPPA. Yang mana fungsi UPT ini sangat krusial sekali sebagai tempat pengaduan apabila terjadi tindak kekerasan pada perempuan dan anak. Ini bukti keseriusan pemerintah menuju KLA Utama 2024,” pungkasnya.(red)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !